Monday, September 18, 2006

Senja Kemarin.....

Dalam istilah populer sehari-hari, memotret adalah mengabadikan, mengingatkan kepada lirik puisi Goenawan Mohamad: sesuatu yang kelak retak, dan kita membikinnya abadi. Realitas selalu retak, dalam pengertian selalu berubah karena berada dalam waktu, dalam temporalitas. Setiap kali kita memandang sebuah foto, tentu momen dalam foto itu telah menjadi masa lalu. Namun sebuah foto selalu menjadi kontemporer, selalu berada di masa kini. Karena sebuah foto berada dalam kekinian pemandangnya. Yang retak itu kita bikin abadi. Keabadian itu bukanlah suatu kebekuan, melainkan fiksasi, kehidupan itu tidak kemana-mana, selalu terhidupkan kembali oleh pemandangan kepada citra foto tersebut, seperti terjadi dengan jepretan Art Kane pada musim panas tahun 1958 di Harlem.2001
Bentara -- Esai-esai 2002, Kalacitra* Seno Gumira Ajidarma*versi pendek sebuah tulisan untuk sebuah buku dengan judul sementara Fotografi dalam Budaya dan Politik Representasi (Yudhi Soeratmodjo, ed) ---->
: dari blognya mochi:

Senja kemarin aku belajar fotografi. Mencoba melihat dunia melalui lensa, melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang berbeda. Fotografi juga tentang memilih saat dan obyek yang tepat untuk diabadikan bersama waktu. Karna momen yang sama tak akan datang 2 kali.
Kata "guruku" ada 2 hal penting dalam fotografi :
1. kecepatan : sebagai alat pembuka dan penutup masuknya cahaya kebidang film serta untuk melindungi film dari cahaya. Biasanya angka kecepatan pada kamera tertulis T.B, 1.2, 4, 8, 15, 30,dst...Semakin besar angka kecepatannya maka cahaya yg ditangkap makin sedikit (bener ga ya :D)
2. diafragma (kalo yang ini lupa kterangannya apa aja hihi)
Plajaran hari pertama kmarin intinya tentang bagaimana menghasilkan foto yang berbeda dari objek yang sama. Hm..... ini beberapa foto yang didapat senja kemarin

Where'd do you go V ?
Judul foto ini yang ngasi guruku, kok kayak judul lagunya Fort Minor yg jadi NSP ku ya hehehe
Next ....ni dia ni guru fotografiku :D, foto hasil jepretanku untuk sesi membuat siluet

Guess Who ???

(ada yang bisa nebak ga siapa dia ? hehe :D)

The last...this is my fave capture....memotret lampu-lampu kendaraan di jalan, lampu-lampunya jadi bisa nyambung gitu, ga mudah lo ternyata bisa dapetin foto kayak gini (buat amatiran kayak aku maksudnya :D), butuh beberapa kali trial and error juga.


Well... gitu deh cerita-cerita belajar memotret hari pertama...Yang jelas, it was a nais sunset

::: vee:::
---thanks untuk yang sudah mengajariku bercinta dengan kamera hihihi---


0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home