Tuesday, May 16, 2006

FILOSOFI KOPI


Saat Dee tengah asik bercerita tentang “Filosofi Kopi” nya di Hall Gelanggang Mahasiswa kmaren sore, aku dan teman-teman duduk manis mendengarkan sambil menyeruput secangkir kopi yang memang disediakan Panitia. Ada satu point mnarik yang dikatakan Dee saat itu. Setiap kita pasti punya ketertarikan tertentu pada sesuatu. Contoh sederhananya, Dee sangat suka pada nama-nama tertentu dan nama itu biasanya dijadikan tokoh didalam cerita2nya. Ngomongin soal bukunya “Dee” aku menemukan banyak hal menarik didalamnya. Salah satunya di cerpen yang menjadi Judul Buku ini. Ada kata-kata yang sangat aku suka : “Kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan”. Ngomongin soal Kopi aku pernah baca artikel menarik di sebuah majalah tentang Kopi dan Kepribadian. Ga tau seberapa akurat keterkaitannya tapi mnurutku tidak semua penggemar kopi suka pada semua jenis kopi. Umumnya mereka hanya suka pada satu atau dua jenis kopi saja...atau paling tidak walaupun dia suka pada banyak jenis kopi, pasti ada satu yg paling dia suka, seperti yg dikatakan Dee tadi. So... coba cek saja macam-macam kopi dan kepribadian berikut ini :

  1. Kopi Instan : penggemar kopi jenis kopi ini biasanya ingin segala sesuatu cepat dan segera, tanpa perlu bersusah payah. Kadang mengorbankan kualitas demi mengejar waktu.
  2. Non Cafein : penggemar minuman ini sangat concern pada masalah kesehatan. Sangat selektif, memilih makanan atau minuman yang menyehatkan saja. Takut mengambil resiko yang bisa membahayakan dirinya.
  3. Kopi Giling : dia selalu ingin menggerjakan segala sesuatu sendiri, sangat mandiri dan tidak tergantung pada siapapun. Bisa pula diartikan tidak percaya pada orang.
  4. Espresso : penggemar kopi jenis ini menyenangi pengalaman yang hebat, keras dan penuh tantangan. Meski suka pada hal-hal berbahaya mereka juga biasanya sangat kreatif. Disisi lain, sangat penuntut, baik pada diri sendiri maupun orang disekitarnya.
  5. Cappucino : penyuka jenis kopi ini termasuk orang yang santai dalam menghadapi apapun. Tidak mau diburu-buru, meski pada akhirnya segala sesuatunya dapat dibereskan. Hidup baginya seperti menikmati cappucino, ringan dan nikmat.
  6. Kopi Campuran : penyuka jenis kopi ini tidak suka pada hal-hal yang dianggap wajar oleh banyak orang. Inginnya tampil dan berfikiran beda. Bersamanya orang tidak akan pernah bosan, karena ia selalu menemukan hal-hal baru untuk dilakukan.
  7. Kopi Irlandia : penggemar minuman ini punya ide, pikiran dan sifat yang kadang bersebrangan. Dalam satu waktu bisa terlihat gembira dan sejenak kemudian murung.
  8. Kopi Tubruk : penggemar minuman ini sangat suka pada segala sesuatu yang alamiah. Dan tidak menolerir kebohongan. Berapapun pahitnya sebuah kebenaran akan ia terima.

Well itu dia tadi penjelasannya....jadi yang mana kopi Anda ???
Sumber : Majalah Chic


:::vee:::
:Penggemar Espresso dan Cappucino:

1 Comments:

Anonymous Deeds said...

Bukannya g suka jenis kopi yang laen, tp dulu ogut dah trauma minum kopi di caffe. Kopinya bernama gourmet toraja cofee, ni masuk jenis kopi apa? Udah puaiiit buanget, harganya mahal pula. 17500 buat secangkir kecil yang ogut ndak isa rasain kenikmatannya kan sangat muahal, hehe. Bandingin sama kopi instan yg harga 1 sachetnya cm 350 alias 1/50-nya, haha.

Btw kopi tubruk tu yg gmn se?

Tp klo km mo ngajak ngopi di caffe aq okein de, aplg klo dibayarin hehe. Kyknya penting jg y punya guide dalam coffee tour biar g salah milih kopi lg, hehe.

7:34 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home